Tugas IMK

File di bawah ini merupakan hasil analisis web http://www.al-aisar.com yang ditinjau dari segi user interface, usability, dan user experiencenya. File ini merupakan laporan dari tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) Departemen Ilmu Komputer, FMIPA IPB. Disusun oleh Diyan Kurniawan (G64052539). Dalam tampilan wordpress ini, hasil masih tampak kacau dan berantakan untuk hasil yang lebih rapi dan mendetail silahkan di download di :

Download File Word

Download File PDF (690 Kb)

Pembahasan

1. Pembahasan User Interface

1.1 Pembahasan fungsi-fungsi yang ada di Header

1.2 Pembahasan pada kolom pertama ( kolom sebelah kiri )

1.3 Pembahasan kolom 3 ( kolom paling kanan )

1.4 Pembahasan kolom kedua ( Halaman Isi )

1.5 Pembahasan Tambahan

    • Webspace

    • Link

    • Voting

    • Konsisten Bahasa

    • Meber dan Non-Member

  1. Pembahasan Usability dan User Experience

Website www.al-aisar.com merupakan sebuah website yang menjual produk-produk islami seperti buku, kitab, mushaf, kaset ( Mp3 dan VCD ) dan sebagainya. Bagi orang yang hendak membeli produk-produk islam secara online website ini cukup mudah untuk digunakan. Untuk bisa melakukan transaksi user harus login terlebih dahulu. Jika user belum memiliki account user bisa mendaftar terlebih dahulu dan gratis. Setelah memiliki account dan login, user bisa memilih kategori produk pada menu kategori di sebelah kiri dan produkpun akan ditampilkan di halaman isi, selanjutnya user tinggal mengikuti petunjuk-petunjuknya. Salah satu hambatan adalah jika user belum terlalu familiar dengan icon-icon yang ada di dalamnya sehingga user perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Website ini bisa dipakai oleh user yang sudah memiliki pengalamn menggunakan internet dengan usia antara 7-50 tahun, karena orang yang lebih tua dari umur tersebut akan kesulitan membacanya mengingat huruf yang cukup kecil dan kebanyakan dari mereka tidak kuat duduk di depan komputer. Adapun yang agak berbeda dari web-web kebanyakan adalah pemakaian warna untuk link, yang mana pada saat memasuki website ini, mayoritas link memakai warna merah dan bukan biru. Hal ini mungkin membutuhkan sedikit waktu bagi user untuk menyesuaikan diri.

Untuk dapat melakukan pembelian di web ini dengan baik user setidaknya pernah membeli atau melakukan uji coba pembelian minimal satu kali dan berhasil, jika user sudah melakukannya maka untuk yang berikutnya user pasti bisa menggunakannya dengan baik dan lebih cepat. Ada beberapa masalah yang bisa mengurangi kepuasan user di antaranya :

  1. Ada beberapa bagian pada website yang sulit untuk dipahami maksud dan kegunaannya, diantaranya adalah seperti pada halaman Artikel dakwah. Selain posisisnya yang agak berjauhan, link-link tersebut sulit dipahami. maksud dan tujuannya kecuali dengan mencobanya terlebih dahulu. Link “Selanjutnya >>” akan me-link ke halaman selanjutnya tapi masih dalam judul artikel yang samat. Link “ < Sebelum ” atau “ Berikut> ” akan me-link ke artikel sebelum atau sesudah yang erbeda judul dengan artikel yang sedang dibaca. Adapun link “ [ Kembali ] ” akan me-link ke halaman yang dibuka sebelumnya. User tidak akan tahu perbedaan dari link-link tersebut kecuali dengan mencoba semuanya dan ini akan menghabiskan banyak waktu.

  2. Pada bagian produk ada task detail produk yang memberikan penjelasan lebih detail tentang produk. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika informasi yang lebih detail memang ditampilkan untuk semua produk. Akan tetapi, ada beberapa produk yang tidak menampilkan informasi tentang detail produk. Hal ini bisa menimbulkan kekecewaan terhadap user yang ingin melihat detail produk akan tetapi yang ditampilkan sama saja dengan sebelumnya. Jika memang tidak memiliki informasi tentang detail barang, sebaiknya tidak perlu diberi task detail produk.

  3. Icon setting di sebelah menu cari sulit dipahami secara langsung bagi user yang tidak terbiasa dengan icon tersebut. Untuk mengetahuinya fungsinya, user harus mencobanya terlebih dahulu. Adapun fungsinya tidak terlalu berguna bagi user yang masih bisa membaca pada font size normal adapun user yang membutuhkan font size yang lebih besar maka menu tersebut akan sangat membantu. Jadi manfaatnyatergantung pada user yang menggunakan website.

  4. Konsistensi yang buruk antara gambar produk, nama produk serta detailnya akan menyebabkan user merasa tidak nyaman dan malas untuk melanjutkan langkah-langkah berikutnya dan selanjutnya meninggalkan website dan beralih ke website lain yang lebih tertata.

  5. User bisa melihat status pembelian hanya selama melakukan proses transaksi. Di luar itu user tidak bisa melihat status pemesanan produk dan hal ini akan menyulitkan user untuk mengetahui produk-produk apa saja yang telah dipesannya. Karena itu developer sebaiknya menyediakan fungsi khusus yang bisa memberikan informasi tentang status pemesanan.

  6. Butuh waktu yang cukup lama bagi user untuk memahami dan menggunakan fungsi pada menu “Kaetgori Produk” karena pengaturan posisi yang tidak konsisten, diantaranya:

  • Posisi yang sejajar antara subkategori dengan list dari subkategori
  • Hal ini menyebabkan user sulit untuk membedakan antar subkategori. Use baru akan tahu setelah menelitinya satu demi satu.

  • Pemberian nomor yang tidak jelas
  • Sebagian subkategori diberi tanda bullets di sebelah kiri angka sehingga user bingung apakah ia termasuk dalam subkategori atau list dari subkategori.
  1. Nomor hilang. Adanya nomor yang hilang membingungkan user. User akan berpikir bahwa ada salah satu menu yang hilang padahal tidak. User baru akan menyadari bahwa terjadi kesalahan pemberian nomor setelah memperhatikan dengan lebih teliti. Hal ini tentu membuang-buang waktu user.
  2. Makna ganda pada subkategori Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Makna pertama adalah bahwa website bisa ditampilkan dalam dua bahasa yaitu Indonesia Arab. Makna kedua adalah produk-produk dengan Bahasa Indonesia atau Arab. User baru akan tahu mana makna yang benar setelah meng-klik kedua subkategori tersebut.
  3. Sulitnya menemukan link About Us merupakan masalah besar. Bagi user yang ingin membeli produk langsung ke tokonya atau mengetahui alamat toko pada website ini, maka user harus mencarinya. User tidak akan menemukannya pada halaman utama, akan tetapi user dapat mengetahuinya dengan mengklik detail produk klik Vendor Information. Bagi user yang belum mengetahuinya mereka akan berasumsi bahwa di halaman utama seharusnya ada fungsi seperti About Us. Jika mereka tidak menemukannya maka satu-satunya cara adalah lewat telepon / handphone. Hal ini tentu akan merugikan user baik dari segi waktu maupun biaya. Hal seperti ini sedapat mungkin harus dihindari demi menjaga kepuasaan konsumen dan agar konsumen tidak lari dari kita.
  4. Terkadang user / konsumen dikecewakan, karena produk yang dipesannya telah habis / kosong. Hal ini murni kesalahan pihak penjual karena mereka tidak menambahkan informasi mengenai sisa stok sehingga user berasumsi bahwa produk yang dipesannya ada dan akan segera dikirim.
  5. Rata- rata tampilan di dalam Website meminta user untuk melakukan scrolling. Hal ini akan menyulitkan user dalam menggunakan website ini, terutama bagi user yang menggunakna mouse yang tidak ada scrollnya. Scrolling berlebihan merupakan salah satu kekurangan yang bisa mengurangi nilai situs di mata user. Sedapat mungkin developer harus meminimalkan scrolling tersebut tanpa merusak maksud dari situs.
  6. Apa user merasa aman ? Pada situs ini author kurang memperhatikan hal ini, karena author tidak memberikan suatu informasi tentang jaminan keamanan bagi user yang akan melakukan pembelian di situs ini. Jaminan keamanan merupakan salah satu faktor terpenting yang harus dimiliki oleh suatu website E-Commerce. Dengan adanya jaminan keamanan, maka user akan merasa aman dan tidak perlu khawatir untuk melakukan proses pembelian. Akan tetapi, jika user tidak merasa aman maka user akan merasa ragu untuk melakukan pembelian bahkan mungkin user tidak akan membeli.
  7. Tidak adanya fungsi download katalog memaksa user untuk melakukan pencarian yang cukup rumit dengan melakukan pencarian yang lebih banyak. Hal ini tentu akan menyulitkan dan membuang waktu user. Jika produk yang dicarinya tidak ditemukan maka user akan beranggapan bahwa barang tersebut memang tidak ada padahal barang yang dicari tersebut ada, hanya saja user salah memasukkan keyword atau tidak melihat dengan lebih teliti. Dengan adanya fungsi download katalog, user bisa memastikan ada atau tidaknya produk tersebut sehingga user akan lebih mudah untuk memilih produk-produk yang ingin dibelinya.
  8. User sempat dibuat bingung oleh perbedaan yang sangat kontras antara hasil pencarian di katalog dengan hasil pencarian pada fungsi “Cari” di kanan atas ( lihat gambar 1 & 2 pada pembahasan user interface). Pada gambar1 produk ditampilkan dalam bentuk detail produk dan tidak disertai gambar dan harga. Gambar1 juga memberikan informasi kata kunci yang telah dimasukkan oleh user sehingga user tidak akan lupa kata kunci yang telah ia masukkan. Pada gambar1 informasi kata kunci terlalu banyak ditampilkan padahal cukup ditampilkan satu saja. Adapun pada gambar2 produk ditampilkan dalam bentuk 2 kolom yang disertai gambar dan tanpa detail. Akan tetapi, pada gambar2 user tidak diberitahu kata kunci apa yang telah ia masukkan sehingga user harus mengingatnya.

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Website merupakan sarana untuk memberitahukan kepada dunia luar tentang keberadaan kita. Oleh karena itu sebuah webeite haruslah tampil dengan performa terbaik sesuai dengan fungsinya agar memperoleh perhatian masyarakat pengguna internet. Performa suatu website bisa ditinjau dari tiga sisi, yaitu dari sisi User Interface, Usability dan User Experience.

User adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari suatu website. Suatu website bisa dikatakan baik jika user bisa menjalankan paling tidak 70% tugas dari web tersebut. Website di atas bisa dikategorikan baik meskipun masih banyak hal yang perlu diperbaiki, karena user sudah bisa melakukan minimal 70% tugas yang ada. Meskipun demikian developer tetap harus memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut agar tujuan dari pembuatan website bisa terealisasi dengan sempurna.

  1. Saran

Laporan ini diharapkan bisa menjadi bahan masukan dan pertimbangan bagi developer untuk lebih mengembangkan website dari Maktabah Al Aisar. Kekurangan-kekurangan yang masih ditemui dan disebutkan di atas, sebaiknya segera diperbaiki agar web dapat menghasilkan performance terbaiknya baik bagi user maupun author. Dengan demikian, kepercaya user / pelanggan terhadap perusahaan akan membaik dan pendapatan perusahaan pun juga akan semakin meningkat.

Satu Tanggapan

  1. ga jelas ni tulisannya kecil bener, emang ini tulisan tentang ap c

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: